Home Science Memahami Lebih Dalam Tentang Getaran

Memahami Lebih Dalam Tentang Getaran

11 min read
0
706

Dalam kehidupan sehari-hari tentu saja kamu pernah merasakan getaran bukan? Atau pada saat gempa yag terjadi, kamu juga pasti akan merasa getaran. Namun, apakah kamu sudah memahami mengenai apa getaran tersebut? Nah dalam artikel ini, kita akan membahas seputar getaran agar kita bisa memahaminya lebih jauh lagi. Yuk, silahkan disimak ya artikel berikut ini.

Pengertian Getaran

Getaran adalah gerakan bolak-balik benda yang terjadi di sekitar titik keseimbangan. Kuat atau lemahya getaran yang terjadi dipengaruhi oleh besar kecilnya energi yang menyebabkan getaran tersebut. Karena terjadi dengan teratur, getaran sering juga disebut dengan gerak periodik. Satu getaran frekuensi adalah satu kali gerak bolak-balik penuh. Semakin besar energi yang diberikan maka semakin kuat pula getaran yang terjadi.

Ciri-Ciri Getaran terbagi atas tiga yakni periode, frekuensi dan amplitudo. Penjelasan macam-macam ciri-ciri getaran adalah sebagai berikut:

  • Periode

Secara umum Periode adalah waktu yang ditempuh untuk melakukan suatu peristiwa. Dalam getaran, periode adalah waktu yang diperlukan untuk menempuh satu satu getaran. Satuan yang sering digunakan untuk periode adalah detik atau sekon (s). Ciri getaran ini yakni Periode dilambangkan dengan T.

  • Frekuensi

Frekuensi adalah besaran ukuran jumlah putaran ulang suatu peristiwa dalam waktu tertentu atau banyaknya getaran sempurna yang dilakukan selama satu satuan waktu seperti satu sekon. Dalam getaran, frekuensi adalah jumlah getaran yang melewati titik tertentu dalam satu detik. Satuan internasional yang dipakai untuk frekuensi adalah Hertz (Hz). Simbol yang digunakan untuk melambangkan frekuensi adalah f (huruf kecil).

  • Simpangan atau Amplitudo

Simpangan adalah posisi getaran partikel media dari titik keseimbangan. Simpangan terjauh pada sebuah getaran disebut dengan Amplitudo. Pada jenis ciri getaran Amplitudo ini, dilambangkan dengan A dan bersatuan dalam SI adalah meter.

Jenis-Jenis Getaran

Pada umumnya terdapat dua macam jenis getaran. Jenis getaran tersebut adalah getaran mekanis dan getaran nonmekanis yang penjelasannya adalah sebagai berikut :

  • Getaran Mekanis: Getaran mekanis merupakan getaran suatu benda yang getarannya mengalami suatu pergeseran linear atau pergeseran sudut. Adapun contoh getaran mekanis adalah jungkat-jungkit, pegas, getaran pada bandul, getaran senar gitar saat dipetik dan getaran atom pada zat padat.
  • Getaran Nonmekanis: Getaran Nonmekanis merupakan suatu gerakan yang juga melibatkan adanya perubahan pada besaran-besaran fisika. Adapun contoh gerakan nonmekanis yaitu medan listrik serta medan magnet.

Getaran Berdasarkan proses terjadinya

Selain itu, secara umum dikenal juga dua macam jenis getaran berdasarkan proses terjadinya getaran, yaitu :

  • Getaran Bebas: Getaran Bebas adalah getaran yang terjadi saat sistem mekanis dimulai dengan adanya gaya awal yang bekerja pada sistem itu sendiri, kemudian dibiarkan dengan bergetar secara bebas. Getaran bebas akan menghasilkan frekuensi yang natural karena sifat dinamika dari distribusi massa dan kekuatan yang membuat getaran.
  • Getaran Paksa: Gerakan Paksa adalah getaran yang terjadi karena adanya gaya luar yang bekerja pada suatu sistem secara paksa sehingga sistem tersebut bergetar. Contohnya adalah getaran yang terjadi pada bangunan atau rumah ketika terjadi gempa bumi yang menyebabkan kerobohan. Jadi ada gaya gerakan gempa dari luar yang membuat sebuah rumah bergetar.

Untuk menghitung frekuensi getaran bisa memakai rumus F=n/t. F berarti frekuensi dengan satuan hertz, n berarti jumlah getaran dan t berarti waktu dengan satuan second. Frekuensi getaran merupakan banyaknya jumlah getaran yang terjadi dalam satu detik. Untuk menghitung periode anda bisa memakai rumus T = t/n. T berarti periode yang satuannya second, T berarti waktu yang satuannya second dan n berarti jumlah getaran.

Hubungan Getaran Dengan Gelombang

Dalam fisika getaran berhubungan erat dengan gelombang. Gelombang adalah hasil dari getaran yang merambat baik melalui medium tertentu atau tanpa medium. Contoh sederhana dari sebuah gerakan adalah bandul. Jika masih satu kali gerakan belum disebut sebagai getaran.

Gelombang adalah getaran yang merambat. Berdasarkan ada tidaknya medium perambatan terdapat dua jenis gelombang yaitu:

  • Gelombang mekanik: Gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium untuk merambat. Contohnya gelombang tali, gelombang permukaan air dan gelombang bunyi.
  • Gelombang elektromagnetik: Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang merambat tanpa memerlukan medium. Contohnya gelombang cahaya.

Sedangkan berdasarkan arah getar dan rambatnya, terdapat dua jenis gelombang yaitu :

  • Gelombang longitudinal: Gelombang yang arah getarnya sejajar dengan arah rambatnya. Contohnya adalah gelombang bunyi diudara. Bentuk gelombang longitudinal adalah Panjang satu gelombang untuk gelombang longitudinal terdiri dari satu rapatan dan satu regangan.
  • Gelombang transversal: Gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambatnya. Contoh gelombang tali. Panjang gelombang diberi simbol “λ” (dibaca lambda), adalah panjang satu gelombang yang terdiri dari satu bukit dan satu lembah gelombang.

Contoh Getaran

Dalam konsep getaran, ada yang disebut getaran harmonik. Getaran harmonik merupakan gerak bolak-balik benda melalui suatu titik keseimbangan tertentu dengan banyaknya getaran benda dalam setiap sekon selalu konstan. Contoh lain sistem yang melakukan getaran harmonik antara lain, dawai pada alat musik, gelombang radio, arus listrik AC dan denyut jantung. Galileo di duga telah mempergunakan denyut jantungnya untuk pengukuran waktu dalam pengamatan gerak.

Beberapa contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari antara lain: sinar gitar yang dipetik, bandul jam dinding yang sedang bergoyang, ayunan anak-anak yang sedang dimainkan, mistar plastik yang dijepit pada salah satu ujungnya, lalu ujung lain diberi simpangan dengan cara menariknya, kemudian dilepaskan tarikannya dan pegas yang diberi beban.

Salah satu contoh sederhana dari getaran yaitu gerakan pegas yang diberi beban yang dimanfaatkan untuk menjadi ayunan anak. Contoh lainnya ketika di sebuah jam dinding yg mempunyai bandul, maka jarum jam dinding akan bergerak karena di dalamnya ada Gerak Bolak Balik Bandul dan Gerak Bolak Balik Bandul tersebut yg dinamakan sebagai Getaran.

Selain itu bisa kalian lihat contoh lain di ayunan anak kecil yang ada di Taman karena jika ayunan anak tersebut ditarik lalu dilepaskan maka ayunan anak tersebut akan bergerak bolak balik sampai di waktu tertentu akan berhenti dan gerak bolak balik ayunan tersebutlah yang dinamakan sebagai getaran. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa getaran sangatlah banyak contohnya di kehidupan manusia.

Ada satu contoh getaran yang lain lagi selain yang sudah kita bahas di atas, yaitu Getaran Ikan. Tahukah kamu bagaimana ikan berkomunikasi? Ikan berkomunikasi dengan cara membangkitkan getaran suara dan menggosok-gosokkan bagian badan tulang dan gigi secara bersamaan untuk berkomunikasi.

Pada sebagian besar ikan, suara yang timbul diakibatkan oleh gelembung renang, yaitu gas berisi gelembung yang menyerupai organ. Dinding elastis gelembung renang dihubungkan ke otot yang dapat memanjang dan berkontraksi untuk meningkatkan dan menurunkan volume gelombang renang. Getaran ini menggetarkan air di sekitar ikan, merambat keluar sebagai gelombang suara yang dapat didengar sebagai dengkuran, siulan atau suara drum. Itu semua tergantung pada penggunaan otot.

Nah demikianlah uraian mengenai getaran di atas tersebut untuk kalian pahami. Tanpa sadar memang begitu banyak contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari kita. Semoga dengan adanya artikel berikut ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian semua ya…

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Science
Comments are closed.

Check Also

Dianggap Sebagai Tindakan Pembunuhan, Berikut Pro dan Kontra “Suntik Mati” di Beberapa Negara

Kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi terutama pada bidang kedokteran telah membaw…