Home Teknologi Pengertian, Fungsi Serta Cara Membuat Sitemap

Pengertian, Fungsi Serta Cara Membuat Sitemap

13 min read
0
789

Anda pasti sudah sering menjumpai website yang memiliki menu dengan nama Sitemap. Mungkin sebagian besar dari kita sudah sering menjumpai website yang memiliki nama Sitemap ini. Ini dapat diartikan dengan konfigurasi konten maupun artikel dari sebuah web / blog dalam bentuk tautan link. Tetapi sekarang sitemap lebih ditujukan untuk search engine supaya lebih mudah mengindeks halaman web site anda. Sebelum saya membahas mengenai ulasan ini, apakah anda pernah mendengarkan istilah di atas? Sekarang saya akan menjelaskan mengenai apa itu Sitemap.

Pengertian Sitemap

Salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Sitemap diperkenalkan oleh Google pada tahun 2005. Dan sekarang Google, Yahoo, MSN dan Ask bergabung untuk mendukung protokol sitemap berupa XML. Sitemap yang berupa file XML yang berisi URL sebuah situs beserta medatanya masing-masing. Medata ini yang akan memudahkan search engine untuk membaca dan istilahnya meng-crawl situs sobat tersebut.

Sitemap dapat juga diartikan seperti sebuah peta situs menurut pengartiannya. Sitemap berguna sebagai sebuah informasi tentang url-url yang terdapat dalam sebauh web/blog kepada search engine. Dengan adanya sitemap pada blog anda robot Search Engine akan mudah untuk mengindex blog anda. Karena sitemap berisi URL artikel anda. Dalam sistem sitemap ini pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML langsung ke Google yang akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah.

Bentuk paling sederhana Sitemap adalah berupa file XML yang berisi daftar URL sebuah situs beserta metadata-nya masing-masing. Sitemap adalah sebuah cara sederhana bagi para webmaster/wapmaster untuk menginformasikan kepada search engine ( Google misalnya ) tentang halaman-halaman pada situs mereka yang bisa di crawl (di rayapi oleh mesin pencari).

Langkah pertama yang harus diterapkan oleh pengguna Sitemap yaitu:

  1. Gunakan perangkat lunak untuk menciptakan peta situs (sitemap) dalam format XML Google.
  2. Integrasikan dan unggah ke situs web.
  3. Beri tahukan URL web ke Google.

Sitemap dapat dibuat dengan bentuk flowchart. Flowchart ini sangat membantu dalam memvisualisasi isi setiap halaman dan link atau navigasi di antara halaman-halaman tersebut. Selain itu, hal ini juga dapat mempermudah dan mengatur kode dalam filenya. Sitemap ini pun bersifat plain, karena ini tidak menggunakan styling (CSS). Sebenarnya ini digunakan untuk “mata” search engine. Namun dengan cara ini, malah memberikan hasil yang bagus dan memuaskan.

Kenapa? Karena hal ini memang tidak harus ada stlyling pada sitemap supaya susunannya dapat dibaca langsung oleh search engine tanpa ada halangan oleh beberapa styling yang mengganggu. Jika anda pengguna WoprdPress dan menggunakan plugin untuk membuat Sitemap XML otomatis, sebaiknya matikan fitur styling agar sitemap yang ditampilkan plain.

Sitemap membawa pengaruh yang besar terhadap visibilitas website di mesin telusur karena dijadikan rujukan oleh robot txt untuk merayapi website. Jadi apabila ingin memiliki sebuah website yang diakui oleh mesin pencari maka membutuhkan sitemap.

Fungsi Sitemap

Yaitu untuk mempermudah mesin pencari ( search engine ) dapat berselancar dalam mencari isi dari blog, situs atau website tersebut. Selain itu, Sitemap juga berfungsi untuk mempermudah para pengunjung website menemukan halaman-halaman lain yang ada di website tersebut dan umumnya sitemap tersebut dibuat dengan menggunakan formal HTML. Selain itu, sitemap memungkinkan pengembang web untuk memadamkan link dari seluruh situs mereka, sehingga memudahkan robot mesin pencari atau spider mesin untuk menelusuri dan menemukan blog anda.

Sitemap akan meningkatkan optimasi mesin pencari blog, fitur ini dapat dianggap sebagai alat yang berharga untuk meningkatkan penjualan secara online, yang bertujuan untuk merangsang lalu lintas langsung pada blog anda. Sitemap ini memberi informasi URL-URL sebuah situ yang dapat di jelajahi oleh robot search engine. Apabila Anda tidak menggunakan sitemap, robot search engine akan tetap bisa mengindeks situs anda tetapi membutuhkan waktu, karena robot search engine akan menjelajahi situs anda per halaman.

Sitemap itu bisa juga sebagai navigasi blog / web anda sehingga Search engine seperti Google mudah untuk index blog anda, kalau blog anda terindeks maka blog/web anda semakin mudah ditemukan di Search engine.

Dengan begitu maka sitemap di website Anda telah berhasil dibuat dan langkah selanjutnya adalah men-submit atau mengirimkan sitemap tersebut ke mesin pencari seperti google dan lain – lain agar bot mesin pencari atau Google dapat menelusuri website Anda dengan baik.

Cara Membuat Sitemap

Bagi pengguna wordpress tidak perlu bersusah payah membuat sitemap karena sudah ada plugin yang bekerja otomatis membuat sitemap. Anda hanya perlu mendownload GOOGLE XML SITEMAP. Terdapat banyak cara dalam membuat sitemap XML di WordPress. Pada website IDSysadmin, kami menggunakan plugin SEO Yoast untuk membuat sitemap website. Sebagian besar orang jika ditanya mengenai sitemap maka dia hanya sebatas mendefinisikan secara bahasa saja yaitu peta situs.

Caranya sangat mudah, anda cukup mengikuti tutorial dibawah ini.

  • Login ke blogger.com
  • Pada menu “Laman” klik “Laman baru”
  • Ubah settingan dari “Compose” menjadi “HTML”
  • Ganti URL Blog Masterbama dengan URL blog anda.
  • Klik “Publikasikan”

Itulah cara sederhana yang bisa anda coba untuk membuat Sitemap di blog anda. Berikut merupakan contoh untuk membuat sitemap menggunakan blogger. Yang pertama, anda harus copy terlebih dahulu codenya untuk menampilkan semua postingan di dalam blog. Berikut adalah dasar-dasar teknik SEO untuk mesin pencari yang layak untuk anda pertimbangkan :

  • Tulis judul halaman deskriptif di bagian atas halaman blog dengan menghindari kata sambung misalnya “atau” “dan” ini tidak bagus untuk seo
  • Menggunakan kata kunci deskriptif di halaman depan blog, bersama dengan nama tentang blog anda. Ini yang biasa disebut kata kunci utama dan berhubungan dengan niche blog anda.
  • Menggunakan keterangan Meta Tag di bagian atas halaman blog. Hal ini mengacu pada kalimat satu sampai 2 baris, dengan maksimum memiliki kata sebanyak 300 karakter yang menggambarkan tentang isi halaman blog Anda.
  • Dalam membuat artikel usahakan menggunakan kata kunci yang berada pada judul url dan berada pada 100 kata pertama dan terakhir. Dengan menyisipkan banyak kata kunci itu pun tidak baik.
  • Memaksimalkan gambar yang anda upload dengan menggunakan kata kunci utama pada alt, text dan caption
  • Masukan link kedalam sebanyak 2 buah dan link keluar 1 buah dengan tidak menggunakan nofollow.

Jika anda ingin membuat Sitemap, anda diharuskan untuk memenuhi satu dari kriteria dibawah ini:

  1. Situs Anda harus benar-benar besar. Semakin besar kemungkinan perayap web Google melewatkan merayapi beberapa halaman yang baru saja diperbarui atau baru.
  2. Situs Berisi halaman konten besar dan terisolasi. Jika halaman situs satu sama lain tidak merujuk secara alami, Anda dapat mencantumkannya di peta situs untuk memastikan bahwa Google tidak melewatkan beberapa halaman Anda.
  3. Situs harus baru dan memiliki beberapa tautan eksternal yang mengarah ke situs tersebut. Googlebot dan perayap web lainnya merayapi web dengan mengikuti tautan dari satu halaman ke halaman lainnya. Akibatnya, Google mungkin tidak menemukan halaman Anda jika tidak ada situs lain yang menaut ke halaman tersebut.
  4. Situs Anda menggunakan konten media yang kaya, kompatibel dengan peta situs. Google dapat mengambil informasi tambahan dari peta situs untuk membantu dalam penelusuran, jika sesuai.

Keuntungan Menggunakan Sitemap

Dari sudut pandang SEO, sitemap bahkan sangat diperlukan saat ini. Berikut beberapa keuntungan mengapa Anda membutuhkan sitemap:

  • Sitemap membuat halaman Website Anda lebih mudah dicari oleh mesin pencari dan juga indexing akan lebih cepat.
  • Jika ada perubahan pada struktur website Anda, sitemap akan menginformasikannya pada mesin pencari.
  • Sitemap juga membantu mesin pencari untuk mengindeks website besar yang memiliki banyak sekali halaman yang tidak terstruktur atau tidak interlinked.

Memasang sitemap di blog blogger juga tidak membutuhkan skill untuk menguasai html, karena anda tinggal copas dan memasangnya pada halaman statis. Selain itu, tampilannya lebih menarik, past loading, mempunyai tanda khusus disaat ada postingan terbaru dan akan muncul otomatis setelah Anda melakukan posting artikel.

Nahh,, itulah penjelasan mengenai Sitemap tersebut. Apakah ulasan ini dapat membantu anda? Ulasan ini menjelaskan bahwa Sitemap adalah komponen yang cukup penting pada sebuah website, terutama untuk blog yang masih baru dan belum memiliki banyak backlink. Selain itu, Sitemap ini berguna untuk mempermudah para pengunjung untuk melihat semua artikel yang kita miliki dalam suatu blog.

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Teknologi
Comments are closed.

Check Also

Dianggap Sebagai Tindakan Pembunuhan, Berikut Pro dan Kontra “Suntik Mati” di Beberapa Negara

Kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi terutama pada bidang kedokteran telah membaw…