Home Teknologi Penjelasan LED Dan LCD Serta Perbedaannya

Penjelasan LED Dan LCD Serta Perbedaannya

16 min read
0
3,804

Dalam perkembangan teknologi di lingkungan masyarakat sudah semakin meningkat terutama dalam bidang pertelevisian. Termasuk dalam fitur layar yang untuk televisi dan komputer atau PC. Pertama sekali televisi di ciptakan, layarnya memiliki fitur layar hitam putih saja. Namun dengan perkembangan teknologi sekarang ini, kita telah melihat sendiri dengan menyaksikannya di layar televisi. Televisi dan komputer memiliki perbedaan fitur yaitu LED dan LCD.

Biarpun fitur ini terlihat sama, namun mereka memiliki perbedaan masing-masing. LED dan LCD memiliki keunggulan tersendiri. Dan tidak bisa dikatakan bahwa LED lebih bagus dari LCD atau sebaliknya. Kadang kebanyakan orang salah mengartikan keduanya. Yang penting keduanya memiliki fungsi tersendiri. Untuk itu saya akan menjelaskan apa itu perbedaan LED dan LCD. Ikutin terus ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih jelasnya.

Pengertian LED

Monitor ini memiliki jumlah pixel untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam dan lebih nyata. Seperti LED yang terdapat pada komputer umumnya terletak pada bentuknya yang lebih ramping dan tipis. Nama sebenarnya dari LED adalah LED-backlit LCD namun orang-orang biasanya hanya menyebutnya sebagai LED. Kemajuan yang ada pada teknologi LED adalah LED yang tidak menggunakan CCFL menjadi lebih tipis, dengan tebal yang biasanya di bawah seinci.

LED memiliki 2 jenis pencahayaan yaitu, Pencahayaan Edge dan pencahayaan Full-Array. Pencahayaan Edge merupakan rangkaian dioda yang diatur sepanjang tepi pada luar layar. Sedangkan pencahayaan Full-Array adalah beberapa baris dari dioda yang berada dibelakang seluruh permukaan layar. Pada beberapa tipe, LED memiliki fungsi dan fitur yang lebih lengkap dibandingkan LCD, seperti kemampuan digital touch screen, Digital TV internet, Digital TV tuner.

LED juga dapat memancarkan sinar inframerah yang tidak tampak oleh mata seperti yang sering kita jumpai pada Remote Control TV ataupun Remote Control perangkat elektronik lainnya.

Fungsi LED

LED paling banyak digunakan untuk gadget seperti komputer dan HP. Ini merupakan salah satu teknologi yang paling disukai oleh masyrakat, selain itu memiliki banyak kegunaan dan bisa dibawa kemana-mana. LED memiliki fungsi sebagai lampu, LED yang didesikasikan sebagai model lampu masa depan yang dianggap dapat menekan pemanasan global karena dianggap sangat efisien.

Pada umumnya pencahayaan tersebut bersumber pada jenis lampu petromak. Kualitas cahayanya memang berbeda. Berikut ini beberapa pengaplikasiannya LED dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Lampu Penerangan Rumah
  2. Lampu Penerangan Jalan
  3. Papan Iklan (Advertising)
  4. Backlight LCD (TV, Display Handphone, Monitor)
  5. Lampu Dekorasi Interior maupun Exterior
  6. Lampu Indikator
  7. Pemancar Infra Merah pada Remote Control (TV, AC, AV Player)

Kelebihan Monitor LED 

  • Kontras gambar yang sangat tajam hingga jutaan pixels
  • Konsumsi listrik yang lebih hemat dibandingkan dengan LCD
  • Pencahayaan lebih baik dibandingkan LCD
  • Usia pemakaian LED lebih pajang
  • Dimensi monitor yang sangat tipis
  • Ukuran yang lebih slim lebih ringan dari pada LCD
  • Objek yang disinari punya warna yang lebih realistis
  • Lebih ramah lingkungan

Kekurangan Monitor LED

  • Harga lebih mahal dibandingkan LCD
  • Layar LED yang lebih tipis cenderung lebih sensitif
  • Lampu LED tidak menghasilkan sinar Ultra Violet (UV)
  • Tidak bisa menembus Kabut

Cara Kerja LED (Light Emitting Diode)

Cara kerja dari LED hampir sama dengan keluarga dioda yang memiliki dua kutub, yaitu Kutub Positif (P) dan Kutub Negatif (N). LED hanya akan memancarkan cahaya apabila dialiri tegangan maju (bias foward) dari Anoda ke Katoda. Seperti dikatakan sebelumnya, LED merupakan keluarga dari Dioda yang terbuat dari Semikonduktor. LED hanya akan memancarkan cahaya apabila dialiri tegangan maju (bias forward) dari Anoda menuju ke Katoda.

Ketika LED dialiri tegangan maju, kelebihan elektron pada N-Type material akan berpindah ke wilayah yang kelebihan hole (lubang), yaitu wilayah yang bermuatan positif. LED terbuat dari bahan semi konduktor yang merupakan keluarga dioda. LED dapat memancarkan berbagai warna, tergantung dari bahan semikonduktor yang digunakan. LED terdiri dari sebuah chip semikonduktor yang di doping sehingga menciptakan junction P dan N.

Pengertian LCD

Monitor LCD (Liquid Crystal Display) adalah monitor yang di susun dengan menggunakan “cairan cristal”. LCD adalah salah satu jenis media tampilan yang telah memanfaatkan kristal cair atau liquid crystal display sebagai penampil utama. Seperti yang terdapat pada LCD TV, mampu menghasilkan warna yang baik dan realistis dan gambar yang dihasilkan tidak terdapat bayangan.

Monitor ini memiliki bahan kristal cair yang terdiri dari pixel yang cukup banyak. Pada monitor LCD, titik cahaya yang ada didalamnya tidak bisa memancarkan cahaya. Cahaya yang dipantulkan tidak dapat melewati molekul-molekul yang telah menyesuaikan diri dan segmen yang diaktifkan terlihat menjadi gelap dan membentuk karakter data yang ingin ditampilkan.

LCD merupakan salah satu jenis display elektronik yang dibuat dengan teknologi CMOS logic yang bekerja dengan tidak menghasilkan cahaya tetapi memantulkan cahaya yang ada di sekelilingnya terhadap front-lit atau mentransmisikan cahaya dari back-lit.

Fungsi LCD

LCD memiliki fungsi sebagai tampilan yang menggunakan kristal air sebagai tampilan sesuatu data, baik karakter, huruf ataupun grafik. Bentuknya tipis, sedikit terasa panas dan memiliki resolusi tinggi. Berikut merupakan fungsi lain dari LCD:

  • Menampilkan output secara generik
  • Merubah frekwensi elektronik
  • Menampilkan gambar dengan ukuran yang bervariasi

Kelebihan Monitor LCD

  1. Kualitas gambar lebih jernih dan tajam
  2. Ukuran Dimensi Monitor Ramping
  3. Menghasilkan warna yang lebih realistis
  4. Sinar yang dipancarkan oleh LCD tidak melelahkan mata
  5. Konsumsi listrik lebih hemat
  6. Kualitas Gambar Baik
  7. Pengaturan display user frendly (mudah)
  8. Dimensi yang tipis dan ringan sehingga menghemat ruang
  9. Teknologi anti glare (tanpa bayangan)
  10. Tidak ada radiasi yang dipancarkan
  11. Tidak memantulkan cahaya
  12. Tidak Terlalu Bahaya Untuk Mata

Kekurangan Monitor LCD

  • Layar LCD cenderung lebih sensitif
  • Viewing angle terbatas, colour depth terbatas dan gradasi warna kurang
  • Masalah Dead Pixel
  • Tampilan gambar baik hanya di resolusi nativenya
  • Response time dan ghosting
  • Harga lebih mahal, perlu perawatan ekstra hati-hati dan dead pixel

Cara Kerja LCD

Cahaya berasal dari serangkaian beberapa lampu neon di belakang layar. Kristal cair akan menyaring cahaya backlight. Cahaya putih merupakan susunan dari beberapa ratus spektrum cahaya dengan warna yang berbeda. Beberapa ratus spektrum cahaya tersebut akan terlihat jika cahaya putih mengalami refleksi atau perubahan arah sinar. LCD bekerja dengan cara membuka dan menutup layaknya tirai. Proses buka tutup ini berlangsung sangat cepat. Karena itulah ada istilah Response Time di LCD.

Cara kerja monitor LCD yakni kristal cair di dalamnya disusun seperti sandwich antara potongan kaca terpolarisasi. Lampu neon dibelakang panel memancarkan cahaya yang melewati substrat pertama. Lampu neon dibelakang panel memancarkan cahaya yang melewati substrat pertama. Muatan listrik membuat sel-sel kristal menyelaraskan nada yang berbeda memungkinkan cahaya untuk lulus melalui substrat kedua. Hasilnya adalah warna yang menakjubkan yang ditampilkan pada layar, jadi tidak ada tabung katoda, tidak ada lagi radiasi, tidak akan mengakibatkan  sakit mata.

Perbedaan LCD dan LED?

Meskipun memiliki singkatan yang berbeda, LED hanyalah salah satu jenis LCD. Nama yang sebenarnya dari LED adalah LED-backlit LCD namun orang-orang biasanya hanya menyebutnya sebagai LED. LED yang merupakan teknologi sebelum LCD sebenarnya hanya sebatas mengembangkan kekuatan LCD dengan daya yang lebih efisien. LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display. Sedangkan LED adalah singkatan dari Light Emitting Diodes.

Sebenarnya, baik LCD maupun LED adalah sama. LED hanyalah suatu layar monitor yang menjadi teknologi baru dari hasil modifikasi teknologi LCD. Keduanya merupakan jenis layar yang menggunakan liquid crystal dispay (LCD) panel untuk mengontrol cahaya yang ditampilkan. Panel ini biasanya terdiri dari dua lembar bahan polarisasi dengan liquid crystal solution diantara keduanya, jadi ketika arus listrik melewati liquid, membuat crystal untuk meluruskan cahaya bisa melewatinya.

Secara umum perbedaan LED dan LCD terletak pada beberapa hal diantaranya adalah dari segi kepanjangannya, cara kerja, material fisik penyusun, kualitas, daya yang digunakan, keawetan, serta dari harganya.

LED memiliki banyak keuntungan dibandingkan LCD biasa dengan CCFL backlighting. LED jauh lebih kecil daripada CCFL tabung, yang berarti LED lebih tipis. Tapi saat ini, sebagian besar TV memiliki ukuran bahkan dibawah satu inci dibuat dengan LED untuk menambahkan kedalaman profil display. LED lebih hemat daya dibandingkan CCFL, keduanya adalah fitur lokal yang disebut lokal dimming, teknik pencahayaan selektif yang memungkinkan pencahayaan lebih dalam dan gambarnya pun lebih bagus.

Masalah CCFL backlighting adalah fluorescent tabung harus menyala secara merata ke seluruh layar, sehingga desainer tidak memiliki cara untuk memvariasikan intensitas backlighting di berbagai bagian layar. Bahkan jika kamu ingin menampilkan satu pixel putih pada semua layar hitam, cahaya di belakang harus menyala dengan full brightness.

Teknologi LED Backlight mempunyai keunggulan dalam menampilkan warna yang jauh lebih banyak dibandingkan teknologi LCD yang ada saat ini atau menyerupai warna aslinya. Bahkan teknologi ini juga mengalahkan monitor CRT untuk tampilan warna. LED menawarkan solusi untuk ini dengan local dimming. Ide di balik teknik ini adalah untuk mengontrol output dari LED, sehingga daripada menghidupkan full brightness untuk sepanjang waktu, mereka bisa diredupkan atau dimatikan.

Pada dasarnya LED dan LCD dikembangkan di atas basic teknologi yang sama, namun berbeda dengan hal pencahayaan (backliighting). LCD menggunakan CCFL (cold cathode fluorescent jamps). Sedangkan LED menggunakan cahaya menggunakan cahaya emitting diode. Itulah perbedaan utama antara kedua teknologi tersebut.

Itulah perbedaan antara keduanya, dimana monitor atau TV LED adalah contoh yang paling tepat untuk saat ini. Dan yang paling banyak dipergunakan oleh masyarakat. Jika anda selama ini menganggap LED dan LCD sama, berarti anda itu salah. Seperti yang telah saya jelaskan di atas tadi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Teknologi
Comments are closed.

Check Also

Dianggap Sebagai Tindakan Pembunuhan, Berikut Pro dan Kontra “Suntik Mati” di Beberapa Negara

Kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi terutama pada bidang kedokteran telah membaw…