Home Teknologi Penjelasan Mengenai Handphone, Sejarah, Dampak Penggunaan Serta Cara Kerjanya

Penjelasan Mengenai Handphone, Sejarah, Dampak Penggunaan Serta Cara Kerjanya

33 min read
0
965

Di jaman yang serba canggih dan sibuk sekarang ini, teknologi yang simpel dan mudah digunakan merupakan salah satu pilihan yang banyak diambil oleh banyak orang. Selain simpel dan mudah digunakan, tentunya teknologi tersebut haruslah mudah dibawa kemana-mana agar bisa digunakan kapan saja kita membutuhkannya.

Salah satu teknologi yang sesuai dengan definisi yang disebutkan di atas adalah Handphone. Saat ini, handphone merupakan salah satu teknologi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia oleh semua orang. Bahkan handphone sekarang sudah mengalami banyak sekali perkembangan. Diawali sebagai teknologi untuk berkomunikasi, handphone sekarang ini sudah bertransformasi seperti layaknya sebuah komputer mini.

Di era seperti sekarang ini, hanya sebagian orang saja yang masih menyebut teknologi yang satu ini dengan sebutan handphone. Hal itu karena sekarang ini handphone sudah bertransformasi menjadi smartphone yang mana memiliki kecanggihan yang bisa melakukan banyak sekali pekerjaan menggunakan aplikasi di dalam satu perangkat.

Tentunya sebagian dari kita masih ingat dengan asal mula handphone yang mana dulu masih merupakan sebuah barang mewah yang mana hanya sebagian orang saja yang mampu atau sanggup untuk membelinya. Namun, sekarang rasanya hampir semua orang sanggup atau mampu untuk membeli dan memiliki handphone mereka sendiri.

Sekarang ini handphone seakan akan sudah menjadi suatu hal yang wajib dimiliki oleh hampir semua orang yang ada di dunia. Hal tersebut tentunya karena handphone memiliki pengaruh yang sangat besar di dalam urusan mempermudah komunikasi maupun untuk urusan pekerjaan.

Dengan dibutuhkannya akses yang cepat untuk mempermudah segala macam urusan, handphone sangat dibutuhkan sebagai sebuah gadget yang simpel yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja untuk menyelesaikan pekerjaan kita. Tentunya sangat banyak orang yang merasa terbantu dengan adanya handphone seperti sekarang ini.

Tentunya ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan kehadiran handphone di dunia. Karena selain membuat kita selalu bisa berkomunikasi, kehadiran handphone juga bisa membuat kita merasa terbantu dengan banyaknya fitur yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan kita sebagai manusia.

Nah untuk itu, pada artikel kali ini kita akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan handphone, mulai dari pengertian hingga sejarah awalnya hingga sampai sekarang ini. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan mengenai handphone berikut ini.

Apa Itu Handphone

Sebelum kita membahas lebih lanjut, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai definisi dari handphone atau ponsel ini. Kita semua tentunya sudah tahu bahwa handphone merupakan sebuah perangkat telepon genggam tanpa kabel yang mana digunakan agar kita bisa saling berkomunikasi satu sama lain walaupun dengan jarak yang jauh.

Berbeda dengan telepon rumah yang biasa kita gunakan, handphone tidak memiliki kabel yang tersambung dan tentunya bisa kita bawa dan kita gunakan dimana saja. Sangat berbeda dengan telepon biasa yang membutuhkan sambungan daya listrik melalui kabel, handphone menggunakan baterai sebagai sumber daya listriknya.

Pada umumnya, pengertian handphone adalah sebuah alat komunikasi modern. Sedangkan definisi handphone merupakan sebuah alat komunikasi yang mempunyai fungsi sama dengan telpon konvensional, tetapi dapat dibawa kemana-mana. Di zaman yang modern ini, hampir setiap orang didunia ini ,memiliki alat komunikasi yang bernama handphone. Bahkan ada juga yang menyebut handphone dengan telepon genggam.

Definisi dari handphone atau sering disebut juga telepon genggam adalah suatu perangkat telekomunikasi elektronik dua arah yang dapat dibawa kemana-mana (portable) dan tidak perlu menggunakan kabel (nirkabel/wireless). Terdapat dua jenis jaringan telepon nirkabel di Indonesia, yaitu GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan CDMA (Code Division Multiple Access). Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) merupakan badan yang mengatur telekomunikasi seluler di Indonesia.

Handphone sudah tidak lagi dikategorikan sebagai barang mewah. Hampir semua orang memiliki handphone. Dengan menggunakan handphone, pengguna dapat membuat dan menerima panggilan dari dan ke jaringan handphone lain ke seluruh penjuru dunia. Selain itu, dengan menggunakan handphone segala kepentingan dapat diselesaikan dengan lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, definisi handphone dipandang dari segi manfaat, yaitu suatu benda yang dapat mempermudah kegiatan manusia.

Kehadiran dari handphone ini membuat telepon konvensional mulai tersingkir keberadaannya. Hal tersebut tentunya karena handphone merupakan sebuah perangkat yang memiliki fungsi sama dengan telepon namun dengan keadaan yang lebih simpel dan bahkan sekarang sudah mengalami banyak perkembangan untuk membantu dan memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh banyak penggunanya.

Dengan kata lain, handphone adalah perangkat portabel yang dapat membuat dan menerima panggilan melalui pembawa frekuensi radio sementara pengguna bergerak dalam area layanan telepon. Link frekuensi radio menetapkan koneksi ke sistem switching operator telepon selular, yang menyediakan akses ke PSTN (Public Switched Telephone Network).

Kebanyakan layanan telepon gengam modern menggunakan arsitektur jaringan selular, karena ponsel sering juga disebut telepon selular atau ponsel. Selain telepon, tahun 2000-an-era ponsel mendukung berbagai layanan lainnya, seperti pesan teks, MMS, email, akses internet, komunikasi nirkabel jarak pendek (inframerah, Bluetooth), aplikasi (app), game, dan fotografi digital.

Seiring dengan perkembangannya, handphone sekarang telah bertransformasi dan memiliki banyak sekali fitur menarik yang tentunya semakin banyak membantu untuk berbagai urusan yang ada. Dan karena hal itu pula pada masa sekarang ini handphone sudah dikenal dengan istilah smartphone, yaitu ponsel pintar dengan berbagai fitur yang mampu memberi banyak kemudahan yang sebelumnya tidak ada pada handphone.

Smartphone adalah perangkat ponsel pintar atau telepon genggam atau handphone dengan sistem operasi portabel canggih yang menggabungkan fitur dari sistem operasi (operating system atau os) dengan fitur-fitur lain yang berguna untuk penggunaan mobile atau bergerak.

Biasanya ini menggabungkan fitur dari perangkat mobile populer lainnya, seperti asisten pribadi digital (PDA), media player, unit navigasi GPS dan kamera digital menjadi sebuah perangkat pintar. Kebanyakan smartphone dapat mengakses internet dan dapat menjalankan aplikasi pihak ketiga.

Smartphone memiliki tampilan antar muka dengan layar sentuh atau user interface touchscreen, dengan LCD, OLED, AMOLED, LED atau layar yang kaya akan resolusi warna. Perangkat ini menjadi tersebar luas di abad ke-21 dan kebanyakan dihasilkan dari tahun 2012 dan seterusnya memiliki kecepatan tinggi mobile broadband yang disebut teknologi 4G LTE dan banyak fitur lainnya.

Sejarah Perkembangan Handphone

Mungkin sebagian dari kita masih ingat dengan ponsel atau handphne yang kita gunakan pertama kali. Yang mana tentunya ukuran handphone pada jaman dulu masih memiliki ukuran yang relatif besar dan berat. Namun itu semua sudah terlewati karena begitu cepatnya perkembangan yang terjadi pada handphone sehingga bisa seperti sekarang ini.

Sebelum adanya handphone, kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh secara konvensional, yaitu dengan mengirim surat atau telegram. Hal ini dinilai kurang efektif karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk saling bertukar informasi. Inilah yang menjadi tonggak utama diciptakan handphone di dunia. Walaupun demikian, hanya beberapa orang saja yang mengenal baik sejarah dari handphone tersebut.

Handphone terus mengalami perkembangan sejak awal kemunculannya. Handphone pertama yang ada jauh dari apa yang bisa kita gunakan sekarang ini. Namun tanpa adanya handphone pertama tentu tidak akan ada teknologi yang sangat berguna bagi manusia untuk berkomunikasi sekarang ini.

Martin Cooper merupakan penemu pertama dari sistem telepon genggam. Ia merupakan karyawan dari perusahaan Motorola. Ia menemukan handphone untuk pada tahun 1973. Ada juga yang mengatakan bahwa penemu telepon genggam bukan hanya Martin Cooper namun juga seluruh anggota tim dari divisi yang ada bersamanya.

Telepon genggam pertama emiliki berat hingga 2 Kg dan untuk memproduksinya dibutuhkan biaya setara dengan Rp 90 juta. Berat dan biaya tersebut tentu sangat jauh berbeda dari sekarang ini. Namun bukan itu saja tantangannya. Justru tantangan tersebsarnya adalah mengadaptasi infrastruktur terkait jaringannya. Martin Cooper bukan satu-satunya tokoh yang berperan. Ada juga tokoh lainnya yang berperan dalam mengembangkan teknologi handphone atau telepon genggam.

Tokoh yang juga berjasa dalam perkembangan handphone adalah Amos Jpel Jr. Tokoh ini fokus pada sisi switching. Switching untuk ponsel menyambung dari tempat satu ke tempat lainnya sehingga pengguna ponsel bisa bergerak dari satu sel ke sel lain tanpa putus pembicaraannya. Selanjutnya handphone terus berkembang baik dari ukurannya yang semakin kecil dan ringan maupun dari fitur-fiturnya yang semakin lengkap.

Ponsel komersial pertama yang diluncurkan ke pasaran adalah Motorola DynaTAC 8000x. Bodinya besar dan berat. Akibatnya, dijamin tangan bakal pegal-pegal setelah menggunakan ponsel ini. Ponsel ini tak punya fitur lain selain melakukan dan menerima panggilan. Maklum, jaringan seluler yang tersedia kala itu hanya Advanced Mobile Phone System (AMPS) atau dikenal dengan sebutan 1G.

Selain itu, ponsel ini hanya mampu bertahan selama satu jam saja untuk masa talktime dan delapan jam untuk masa standby. Toh, di masanya, kehadiran ponsel ini adalah sesuatu yang revolusioner. Di masanya ponsel ini dijual dengan harga selangit. Itu sebabnya, kala itu pemilik ponsel adalah orang – orang yang kelebihan duit.

Kemudian pada tahun 1989 Motorola merilis ponsel MicroTAC 9800x. Ponsel ini lebih ringan dan lebih kecil dibanding ponsel seri Motorola DynaTAC maupun ponsel jenis lainnya. Bentuknya yang seperti itu membuat ponsel ini nyaman digunakan.

Tetap saja, ponsel ini tak bisa dibeli banyak orang. Ponsel jenis ini harga resminya sekitar 11 juta rupiah dan di pasar gelap dilego sekitar 19 juta rupiah. Sekedar informasi, lewat MicroTAC 9800X ini Motorola memperkenalkan konsep ponsel berbentuk flip.

IBM memperkenalkan ponsel cerdas yang diberi nama Simon pada tahun 1993. Namun, produk ini baru dilempar ke pasaran satu tahun kemudian. Selain berfungsi sebagai ponsel, Simon memiliki fitur kalender, buku alamat, world clock, kalkulator, notepad, e-mail serta game. Smartphone ini juga telah didukung oleh layar touch screen. Simon diluncurkan ke pasaran pada 1994 oleh BellSouth.

Kemudian pada tahun 1996, Motorola merilis StarTAC, ponsel pertama yang berdesain clamshell sekaligus ponsel pertama yang menggunakan layar display. Ponsel ini juga menyandang gelar sebagai ponsel pertama di dunia dengan fitur getar. Motorola StarTAC amat digemari di zamannya.

Ponsel perlahan-lahan mulai meninggalkan fungsi khitahnya. Teknologi second generation network atau 2G memungkinkan ponsel dilengkapi fitur mengirim dan menerima pesan. Seiring booming internet dan jaringan komunikasi yang makin maju, Nokia merilis ponsel Nokia 7110 yang dilengkapi fitur WAP mobile web surfing. Aplikasi ini berfungsi untuk mengakses dunia maya via internet.

Teknologi ponsel terus berkembang. Pada 1997, Philippe Kahn sukses membuat ponsel yang dilengkapi kamera. Namun, ponsel kamera pertama yang dijual di pasaran adalah J-SH04 buatan Sharp Corporation yang dirilis di Jepang pada November 2000. Kamera ponsel terus berkembang. Bahkan kini ada beberapa ponsel yang kualitasnya menyamai kamera profesional.

Sekarang ini, sudah banyak sekali berbagai macam vendor smartphone yang bersaing untuk mengembangkan smartphone agar menjadi smartphone yang paling canggih yang pernah diciptakan. Tentunya juga, sekarang ini hampir dimanapun kita berada, kita selalu bisa melihat orang-orang yang selalu menggunakan smartphone dimanapun mereka berada.

Dampak Positif Dan Negatif Handphone / Smartphone

Tentunya kita semua tahu bahwa saat ini handphone ataupun smartphone telah memberikan banyak sekali manfaat yang berguna bagi kita yang menggunakannya. Namun disamping itu ternyat handphone juga memiliki dampak negatif. Nah, berikut ini adalah beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan handphone.

Dampak Positif

  • Komunikasi Jarak Jauh

Hal ini tentunya bukan hal yang asing lagi karena sejatinya handphone memang difungsikan bagi kita agar dapat berkomunikasi satu sama lain walaupun dengan jarak yang terbilang jauh. Dengan menggunakan handphone kita bisa menghubungi kerabat kita yang berada jauh dari kita.

Keberadaan ponsel utamanya adalah untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Apabila kita memiliki sanak keluarga yang tinggal jauh dari tempat kita, ponsel dapat menjadi alterbatif terbaik untuk mengetahu kabar mereka. Kabar melalui teks pesan maupun suara langsung dari mereka tentunya dapat mengobati rasa rindu.

  • Sarana Komunikasi Yang Mudah

Jika dibandingkan dengan surat, berkirim pesan lewat teks pesan yang disediakan ponsel ternyata jauh lebih murah. Kita juga tidak perlu lama menunggu Pak Pos untuk mengantarkan surat balasan kolega maupun keluarga yang kita kirimi surat, karena berkirim pesan melalui ponsel hanya dalam hitungan detik hingga menit saja.

Apabila kita rindu Akan suara dan tawa teman maupu keluarga yang tinggal jauh, kita dapat meneleponnya. Meskipun sedikit lebih mahal daripada berkirim pesan instan, namun bercakap-cakap secara langsung dengan mereka akan menghemat waktu kita karena tidak perlu menunggu balasan teks dari mereka.

  • Sebagai Sarana Hiburan

Ponsel yang beredar di pasaran sekarang ini merupakan ponsel yang dibekali dengan teknologi paling baru dan mutakhir. Sering kali kita menggunakan ponsel ketika merasa bosan dalam keheningan bus atau rumah kita dengan menggunakannya untuk memutar radio maupun musik yang kita simpan di sana.

Apabila ponsel kita dilengkapi dengan fitur internet, kita dapat membuka media sosial maupun surat kabar online untuk mengerahui kabar terkini tentang lingkungan sekitar kita. Namun hampir semua smartphone yang beredar sekarang ini pastinya sudah memiliki fitur internet yang mana merupakan salah satu kebutuhan kita saat ini.

  • Kemudahan Akses Informasi

Seiring menjamurnya industri telepon seluler, para pengembang akan berusaha untuk menciptakan tekonlogi yang canggih dan mutakhir di setiap ponsel keluarannya. Smartphone yang beredar saat ini benar-benar dangat mengerti kebutuhan masyarakat luas di detiap belahan dunia.

Memberikan tambahan fitur internet, akan membuat pengguna ponsel merasa nyaman dengan kebebasan akses informasi yang diberikan oleh dunia maya. Kita tidak perlu membeli berlangganan koran setiap pagi karena kita bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja ketika kita membutuhkannya.

  • Penunjang Kegiatan Bisnis

Posel menjadi salah satu hal yang penting dalam kegiatan bisnis sekarang ini. Selain untuk menghubungi rekan kerja, ponsel pintar lengap dengan segala fitur akses internet dan media sosial untuk memperluas promosi usaha kita. Kinerja iklan-iklan di internet sekarang ini jauh lebih banyak dan bervariasi ketimbang iklan yang ada di televisi.

Bahkan banyak perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan cara unik untuk mngiklankan produk maupun jasa yang mereka tawarkan melalui video-video singkat di media sosial maupun space iklan yang telah disediakan. Hal ini tentunya merupakan salah satu dampak yang menguntungkan dari penggunaan handphone.

Dampak Negatif

  • Menyebabkan Lupa Waktu

Akibat terlalu lama bermain handphone, tanpa sadar Ada kerap kali membuang-buang waktu saja dengannya. Awalnya mengusir kebosanan dengan berbalas pesan maupun menelpon sahabat kita sebentar untuk menanyakan kabarnya namun karena topik pembicaraan yang sangat asik, kita menjadi lupa waktu. Waktu yang terbuang untuk saling berkabar dengan rekan atau keluarga kita melaui Ponsel dapat membuat pekerjaan yang seharusnya kita selesaikan menjadi terbengkalai.

Hal ini tentunya lebih terasa lagi ketika kita sedang asik bermain game. Yang mana karena keseruan yang dihadirkan dari game tersebut membuat kita menggunakan smartphone terlalu lama sehingga kita tidak sadar sudah berapa lama waktu yang kita lewati.

  • Kurangnya Waktu Istirahat

Kurangnya waktu beristirahan merupakan salah satu dampak negatif penggunaan ponsel bagi kehidupan kita sehari-hari. Memainkan ponsel terlalu lama akan membuat kita lupa waktu dan mengorbankan waktu istirahat kita tentunya. Hal ini kerap kali dialami oleh kita yang sedang melakukan pendekatan dengan orang yang kita sukai.

  • Mengganggu Penglihatan

Menggunakan ponsel terlalu lama jelas akan berimbas pada penglihatan kita. Kita mungkin mengenal istilah CVS (computer vision syndrom). CVS awal mulanya mungkin hanya ditemukan pada pengguna komputer yang terlalu lama, namun sekarang hal ini juga sama saja ditemui pada pengguna ponsel.

Jenis layar ponsel kebanyakan memancarkan radiasi sinar biru yang bisa merusak penglihatan. Untuk mengatasinya ada baiknya kita menurunkan intensitas penggunaan ponsel. Beberapa macam ponsel juga sudah menyematkan fitur tambahan berupa filter untuk mengurangi radiasi sinar biru ini.

  • Memicu Terjadinya Adiksi

Adiksi atau kecanduan terhadap ponsel merupakan dampak yang juga bisa timbul akibat seringnya menggunakan ponsel. Kecanduan terhadap gadget ini biasanya akan membuat seseorang mungkin merasa hampa pada saat tidak menggunakan ponselnya. Efek media sosial juga mungkin termasuk penyebab dari adiksi ini. Menurunkan intensitas penggunaan handphone adalah cara yang bisa digunakan untuk mengatasi hal ini.

  • Mengurangi Produktivitas

Produktivitas bisa turun akibat kita terlalu asyik menggunakan ponsel pintar. Ini sebenarnya juga menjadi bagian dari adiksi atau kecanduan terhadap gadget. Kita mungkin harus mulai mengatur diri sendiri kapan menggunakan ponsel dan kapan harus menyelesaikan aktivitas lain. Produktivitas yang menurun bahkan juga bisa menimbulkan dampak lain seperti dampak negatif dari media sosial.

  • Mengganggu Kesehatan

Sebagaimana dampak negatif alat komunikasi handphone dalam mengganggu kesehatan penglihatan, gangguan kesehatan lain seperti pusing, pandangan kabur hingga gangguan pendengaran juga bisa muncul karena penggunaan ponsel yang terlalu intens. Pastikan kita mengimbanginya dengan berolahraga secara teratur.

Cara Kerja Handphone


Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak pernah terlepas dari yang namanya handphone atau ponsel. Seakan-akan benda yang satu ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Kita seringkali melakukan panggilan untuk menghubungi kerabat kita yang berada jauh dari kita.

Namun, pernahkah terfikir bagaimana sebenarnya cara kerja dari handphone sehingga bisa melakukan panggilan jarak jauh tersebut? Didalam ponsel, terdapat sebuah pengeras suara, mikrofon, papan tombol, tampilan layar, dan powerful circuit board dengan mikroprosesor yang membuat setiap telepon seperti komputer mini. Ketika berhubungan dengan jaringan nirkabel, sekumpulan teknologi tersebut memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan atau bertukar data dengan telepon lain atau dengan komputer.

Jaringan nirkabel beroperasi dalam sebuah jaringan yang membagi kota atau wilayah kedalam sel-sel yang lebih kecil. Satu sel mencakup beberapa blok kota atau sampai 250 mil persegi. Setiap sel menggunakan sekumpulan frekuensi radio atau saluran-saluran untuk memberikan layanan di area spesifik.

Kekuatan radio ini harus dikontrol untuk membatasi jangkauan sinyal geografis. Oleh Karena itu, frekuensi yang sama dapat digunakan kembali di sel terdekat. Maka banyak orang dapat melakukan percakapan secara simultan dalam sel yang berbeda di seluruh kota atau wilayah, meskipun mereka berada dalam satu saluran.

Dalam setiap sel, terdapat stasiun dasar yang berisi antena nirkabel dan perlengkapan radio lain. Antena nirkabel dalam setiap sel akan menghbungkan penelepon ke jaringan telepon lokal, internet, ataupun jaringan nirkabel lain. Antena nirkabel mentransimiskan sinyal.

Ketika ponsel dinyalakan, telepon akan mencari sinyal untuk mengkonfirmasi bahwa layanan telah tersedia. Kemudian telepon akan mentransmisikan nomor identifikasi tertentu, sehingga jaringan dapat melakukan verifikasi informasi konsumen- seperti penyedia layanan nirkabel, dan nomor telepon.

Ketika melakukan panggilan dari ponsel ke telepon rumah biasa, panggilan tersebut akan berjalan-jalan di melalui antena nirkabel terdekat dan akan diubah oleh penghantar nirkabel’ ke sistem telepon landline tradisional. Panggilan tersebut kemudian akan langsung diarahkan ke jaringan telepon tradisional dan ke orang yang menjadi tujuan panggilan.

Ketika melakukan panggilan dari ponsel ke ponsel, panggilan akan dirutekan melalui jaringan landline kepada pengantar nirkabel penerima atau akan dirutekan dalam jaringan nirkabel’ ke tempat sel terdekat dengan orang yang menjadi tujuan panggilan. ketika melakukan panggilan terhadap seseorang yang berada sangat jauh, panggilan akan dirutekan pada pusat pertukaran jarah jauh, yang menyambungkan panggilan antar negara atau seluruh dunia melaui kabel fiber optic.

Pada saat berbicara di ponsel, maka telepon genggam akan menangkap suara dan mengubah suara menjadi energi frekuensi radio (gelombang radio). gelombang radio akan berjalan melalui udara hingga menemukan penerima di stasiun dasar terdekat. Stasiun dasar kemudian akan mengirimkan panggilan tersebut melalui jaringan nirkabel hingga sampai pada orang yang menjadi tujuan telepon.

Demikianlah ulasan mengenai handphone, sebuah teknologi yang memberikan dampak begitu besar pada kehidupan kita sebagai manusia. Penggunaan handphone atau ponsel sekarang ini sangat mempengaruhi kualitas hidup kita sebagai manusia yang sejatinya sangat membutuhkan informasi.

Dari penjelasan diatas kita semua tahu bahwa handphone memiliki perkembangan yang sangat pesat sejak awal penemuannya hingga bisa sampai sekarang ini. Mulai dari ukurannya yang terbilang besar dan berat, hingga menjadi ukuran yang sangat nyaman di genggaman seperti yang kita tahu sekarang ini.

Selain sebagi alat untuk berkomunikasi, handphone sekarang ini sudah dibekali oleh banyak sekali fitur yang sangat membantu kita di dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dan juga terdapat dampak buruk yang ada dari penggunaan handphone ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua yang membacanya.

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Teknologi
Comments are closed.

Check Also

Dianggap Sebagai Tindakan Pembunuhan, Berikut Pro dan Kontra “Suntik Mati” di Beberapa Negara

Kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi terutama pada bidang kedokteran telah membaw…