Home umum Jerawat Di Kepala? Mungkin Hal Ini Yang Jadi Penyebabnya

Jerawat Di Kepala? Mungkin Hal Ini Yang Jadi Penyebabnya

25 min read
0
1,113

Siapa bilang kalau jerawat hanya ada di wajah saja? Ternyata jerawat juga bisa muncul di kepala lho. Akn tetapi taukah anda apa yang menyebabkan jerawat bisa timbul di kepala? Nah untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjutnya lagi, mari kita simak artikel di bawah ini.

Jerawat Timbul Di Kepala

Jerawat adalah salah satu masalah yang sering muncul pada kulit. Jerawat biasanya muncul pada area wajah dan pada bagian tubuh lain seperti kulit kepala. Tentunya masalah jerawat ini bisa sangat mengganggu baik pada remaja maupun orang dewasa.

Sedangkan jerawat di kepala merupakan salah satu permasalahan kulit yang sering dialami hampir semua golongan umur. Penyakit kulit yang disebut juga folikulitis ini terjadi akibat peradangan pada folikel rambut sehingga timbul tonjolan jerawat di kulit sekitar rambut.

Kepala merupakan bagian tubuh yang terletak diatas dan ditumbuhi rambut. Munculnya jerawat di kepala sangat mengganggu karena jerawat yang terkena sinar matahari menyebabkan rasa gatal. Terkadang tanpa disadari kamu menggaruk kepala di tempat yang ramai.

Selain gatal, tipe jerawat ini kadangkala juga bisa menyakitkan dan membuat kulit kepala bersisik. Sama seperti pada wajah, jerawat di kepala terbagi menjadi beberapa jenis:

  • Ringan – termasuk blackhead (komedo hitam) dan whitehead (komedo putih).
  • Sedang – contohnya papula dan pustula, jenis yang menonjol di permukaan kulit.
  • Berat – misalnya nodul dan kista yang terpendam di bawah kulit.

Jerawat berat (acne necrotica dan dissecting cellulitis) tak hanya membuat kulit kepala mengeras dan berubah menjadi kehitaman, tapi juga meninggalkan bekas luka permanen. Oleh karenanya, segera periksa ke dokter jika merasakan sakit, rambut rontok atau kebotakan di area tertentu.

Seperti halnya wajah dan bagian kulit tubuh lainnya, kulit kepala juga memiliki pori-pori yang menghasilkan minyak(sebum) dan keringat pada permukaannya. Bakteri yang terperangkap dikulit kepala bercampur dengan keringat dan sel kulit mati yang ada di kepala dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Untuk jerawat yang tumbuh dikepala tentu berbeda dengan yang terdapat pada kulit wajah. Terlebih jerawat di kepala disebabkan karena kulit kepala yang menghasilkan minyak berlebih dan bercampur dengan debu yang bertebaran di luar ruangan.

Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Kulit Kepala

Ketika mengalaminya, mungkin kamu akan berpikir jika jerawat tersebut muncul terkait pemakaian sampo yang kurang tepat, terlalu banyak atau terlalu jarang. Tapi menurut dokter kulit, penyebab jerawat di kepala bisa bervariasi dan bisa jadi merupakan masalah yang serius. Berikut ini merupakan penyebab timbulnya jerawat di kepala:

  • Stres

Stres merupakan penyakit yang banyak melanda para pekerja kantoran yang memiliki banyak tugas yang harus di selesaikan tepat waktu. Banyaknya pekerjaan dengan jumlah waktu yang bahkan terasa tidak cukup dalam sehari menjadi masalah tersendiri yang terkadang dilanjutkan dengan begadang.

Stres yang tidak terkendali dalam waktu lama dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan seperti jerawat pada kulit kepala. Untuk itu penting buat kamu mengelola stres dengan baik dan benar hingga tidak membawa dampak negatif pada penampilan kamu.

  • Makanan Yang Tidak Sehat

Penyebab kedua yang menyebabkan jerawat di kepala adalah pola makan yang tidak sehat. Karena pola makan yang tidak sehat dapat menjadi penyebab jerawat di kepala. Makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan, kacang, cokelat dan lain-lain.

Tak hanya itu saja, mengonsumsi makanan manis juga ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Kebiasaan buruk ini ternyata bisa merugikan kesehatan diri sendiri. Bukan hanya berbahaya karena tubuh bisa terserang diabetes, namun mengonsumsi gula berlebihan juga bisa meningkatkan kadar gula di dalam darah. Hasilnya jerawat bisa muncul di mana saja. Tidak hanya di wajah, punggung namun juga di kulit kepala.

  • Kelenjar Folikel

Fungsi dari kelenjar folikel adalah untuk memproduksi minyak yang bertujuan untuk melembapkan rambut agar tidak kering. Namun kelenjar folikel yang kinerjanya tersumbat dapat menjadi penyebab munculnya jerawat di kepala. faktor yang menjadikan kinerja folikel tersumbat adalah ketombe dan sel kulit kepala yang mati dan tidak dibersihkan dengan sempurna.

  • Malas Keramas

Kebersihan menjadi faktor utama untuk tetap tampil wangi, harum dan bersih setiap harinya. Terlebih lagi kamu harus rajin merawat rambut dengan keramas menggunakan sampo yang cocok untuk jenis kulit kepala. Banyak orang memiliki kebiasaan untuk mencuci rambut setelah lepek atau mengeluarkan aroma yang gak sedap terlebih dahulu.

Padahal, idealnya mencuci rambut bisa dilakukan 2 hari sekali ataupun tiap hari jika aktivitas sedang banyak-banyaknya. Aktivitas yang padat apalagi di luar ruangan akan memicu kelenjar minyak bekerja ekstra yang bakal menghasilkan minyak dan keringat. Jika dibiarkan, maka minyak ini bisa menyumbat pori-pori yang ada di kulit kepala.

Sebaiknya biasakan untuk selalu mencuci rambut dengan teratur. Selain itu gunakan juga sampo yang ramah dengan kondisi rambut dan kulit kepalamu. Hentikan penggunaan sampo yang menyebabkan ketombe karena menumpuknya sel kulit mati di area kepala dan juga bisa menyebabkan jerawat yang dapat menimbulkan rasa gatal. Pemilihan sampo yang benar dapat mencegah dan menghilangkan ketombe serta mencegah munculnya jerawat pada kulit kepala.

  • Membilas Sampo dan Konditioner Tidak Bersih

Penyebab selanjutnya yang menyebabkan jerawat di kepala adalah karena kamu membilas sampo sehabis keramas tidak bersih. Saatkamu keramas bilaslah rambut sampai bersih jangan asal tersiram air saja. Pasalnya bila kurang bersih dalam membilas sampo atau kondisioner akan menyebabkan kotoran serta zat kimia terjebak di dalam pori-pori kulit kepala. Bisa ditebak jerawat pasti bisa muncul di permukaan kulit.

Sampo dan konditioner memang dibutuhkan untuk menjaga keindahan rambut serta menjaga kebersihan kulit kepala. Namun, penggunaan mereka juga bisa menjadi bumerang tersendiri. Selain itu, konditioner juga memiliki zat silikon yang bisa berbahaya jika terkena kulit kepala. Maka pastikan kamu mengoleskannya di batang rambut saja. Kemudian bilas hingga benar-benar bersih dan jangan sampai ada yang tersisa.

  • Kurang Tidur

Kebanyakan begadang juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat pada bagian kulit kepala. Aktivitas kamu yang kurang tidur membuat tubuh kurang fit dan menjadikan proses metabolisme tubuh berjalan tidak sempurna. Untuk itu dalam masalah tidur harus kamu perhatikan dengan baik agar tidak mengganggu kesehatan tubuh.

Begadang terlalu sering memang tidak baik karena mengganggu kinerja tubuh untuk meregenerasi sel-sel kulit mati yang harusnya sudah terkelupas dengan baik menjadi terganggu. Jika sudah terjadi seperti ini maka dapat menimbulkan jerawat di kepala.

  • Keringat Yang Berlebihan

Keringat merupakan salah satu biang jerawat yang utama. Terlalu banyak menghasilkan keringat bisa menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan menimbulkan jerawat. Oleh sebab itu, jangan abaikan jerawat yang muncul berlebihan. Seka area yang berkeringat secara berkala, ini merupakan cara sederhana agar kamu menjaga kebersihan diri sendiri supaya jerawat tak datang lagi.

  • Terlalu Lama Memakai Topi

Jika kamu sering memakai topi bahkan cenderung tidak ingin melepaskannya baik saat di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Maka kondisi ini dapat menjadi penyebab munculnya jerawat pada kulit kepala. Kulit kepala yang terlalu lama tertutup lama kelamaan bisa lembap karena keringat. Hasilnya bakteri dan kotoran yang tercampur bisa menyumbat pori-pori kulit kepala dan tonjolan jerawat bisa muncul di sana.

Ada baiknya pemakaian topi dilakukan saat berada di luar ruangan saja untuk menghindari teriknya sinar matahari. Jika sudah di dalam ruangan kamu harus melepaskannya. Jangan lupa juga untuk rajin mencuci helm, sehingga bakteri dan kuman yang berkumpul di dalamnya bisa mati dan tak menyerang kulit kepala.

Cara Ampuh Mengatasi Jerawat Dikepala

 

Masalah jerawat memang merupakan masalah yang umum ditemui oleh semua orang dan jerawat ini dapat menyerang bagian kulit manapun mulai dari wajah, punggung hingga di kulit kepala. Nah, jerawat yang berada di kulit kepala akan menyebabkan rasa gatal dan lebih sulit ditangani karena biasanya tertutupi oleh rambut kita. Tapi jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

  • Jangan Memencet Jerawat

Yang pertama kali harus diketahui adalah jangan pernah memencet jerawat. Jika dilakukan, trauma pada kulit dapat memperparah kondisi dan memperdalam infeksi yang sudah ada. Memencet jerawat juga dapat meninggalkan bekas luka sekaligus menyebarkan bakteri. Saat mencuci rambut, pijat kulit kepala perlahan. Jangan menggaruknya dengan kuku karena dapat mengiritasi kulit dan juga lupa gunakan sampo lembut serta air hangat.

  • Lidah Buaya

Selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, lidah buaya ternyata juga memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat di kulit kepala. Potong dan oleskan batang lidah buaya ke kulit kepala yang berjerawat, kemudian diamkan selama 15 menit sebelum kamu keramas. Lakukan secara rutin kemudian lihat hasilnya.

  • Air Lemon

Lemon memiliki sifat antibakteri yang akan sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit kepala. Lemon juga kaya akan kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan juga dapat mencegah terjadinya peradangan pada jerawat di kulit kepala. Dan buah berwarna kuning ini juga mengandung air yang banyak. Air lemon dapat digunakan untuk mengatasi jerawat di kulit kepala. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Sediakan buah lemon yang segar.
  2. Potong mejadi dua bagian kemudian peras buah lemon untuk mengeluarkan airnya.
  3. Campurkan air dari lemon tadi dengan satu sendok makan air.
  4. Bilaskan campuran tadi ke kulit kepala yang berjerawat.

Untuk penyembuhan lakukan sebanyak satu kali sehari dan sebagai pencegahan dari jerawat di kulit kepala lakukan sebanyak satu kali seminggu.

  • Menggunakan Campuran Madu dan Kayu Manis

Cara alami keempat yang juga sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat di kulit kepala adalah dengan menggunakan campuran madu dan kayu manis. Mengapa campuran madu dan kayu manis dapat menghilangkan jerawat di kepala? Karena madu memiliki sifat osmosis yang dapat menstimulasi pelepasan hidrogen peroksida, sebuah antiseptik yang sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Sifat asam yang terdapat pada madu akan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan dapat mencegah peradangan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan kayu manis memiliki kandungan senyawa bernama cinammaldehyde dan proanthocyanidin yang sangat bermanfaat sebagai agen anti-bakteri sehingga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit kepala. Caranya sebagai berikut:

  1. Pertama, kamu perlu untuk menyiapkan ramuan yang terdiri dari 1 sendok makan madu dengan 2 sendok makan kayu manis.
  2. Kemudian, aplikasikan campuran tersebut ke kulit kepala kamu yang terkena bekas jerawat lalu pijat kulit kepala dengan menggunakan campuran tersebut, diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, maka kamu dapat membilas kulit kepala dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil maksimal, gunakan campuran ini secara rutin.
  • Bawang Putih

Ternyata bumbu dapur ini juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat di kulit kepala. Ini karena bawang putih mengandung senyawa anti bakteri yang dapat membantu menyembuhkan jerawat. Berikut ini adalah cara penggunaannya :

  1. Ambil tiga siung bawang putih kemudian kupas kulitnya.
  2. Kulit yang telah di kupas lalu parut bawang putih.
  3. Pijatkan secara merata keseluruh kepala dengan keadaan yang rileks
  4. Tunggu hingga beberapa menit baru kemudian kamu bilas dengan sampo biasa untuk membersihkan rambut kamu kembali.
  5. Penggunaan bawang putih untuk mengatasi jerawat pada kulit kepala sudah banyak digunakan selain bawang putih banyak tersedia di rumah. Perawatan dengan bawang putih ini dapat di lakukan sendiri di rumah kamu.
  • Cuka

Zat asam cuka ternyata mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleskan cuka di kulit kepala yang berjerawat secara rutin untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat jerawat.

  • Air Mawar

Air mawar yang banyak dijual di pasaran sebagai campuran masker kecantikan, ternyata sangat ampuh untuk mengurangi problem jerawat di kulit kepala. Tuangkan air mawar di telapak tangan, kemudian oleskan air mawar ini ke kulit kepala yang berjerawat. Pemakaian secara rutin akan menyebabkan problem jerawat di kepala menghilang dan kamu bisa mendapatkan kulit kepala yang lebih sehat.

  • Menggunakan Obat Antibiotik Oral

Cara selanjutnya yang cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel di kulit kepala kamu adalah dengan menggunakan obat antibiotik oral. Untuk mendapatkan antibiotik oral ini, kamu tentu saja harus meminta persetujuan dan resep dari dokter kepercayaan. Obat antibiotik yang diminum secara oral biasanya bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat dari dalam tubuh.

  • Lakukan Konsultasi Dengan Dermatologist

Dengan berkonsultasi, kamu dapat langsung mengetahui jenis jerawat apa yang dialami dan pengobatan apa yang sesuai. Masalahnya, jerawat dapat menjadi tanda dari penyakit serius lainnya seperti cutaneous lupus.

  • Tee Tree oil dan Minyak Zaitun

Tee Tree oil dan minyak zaitun adalah campuran bahan alami yang bermanfaat membunuh bakteri penyebab jerawat serta mencegah peradangan pada jerawat. Campurkan tee tree oil dan minyak zaitun, kemudian gunakan campuran ini sambil dipijat perlahan pada kulit kepala. Tunggu selama 2 jam, lalu bilas dengan air hingga bersih.

  • Melakukan Eksfoliasi Pada Kulit Kepala

Meskipun dapat beregenerasi sendiri, tak ada ruginya kamu melakukan eksfoliasi setidaknya seminggu sekali. Dengan begitu, sel kulit mati akan terbuang dan mengurangi risiko penyumbatan folikel rambut. Kamu bisa mencari produk sampo yang memiliki scrub lembut, scrub treatment atau meracik sendiri hair scrub dengan bahan-bahan yang aman seperti campuran minyak esensial dengan gula.

Tips Mencegah Jerawat Di Kepala Agar Tidak Muncul

Memang yang namanya jerawat sangatlah mengganggu, entah itu timbul di wajah ataupun di kulit kepala. Namun jika anda mengalami jerawat di kulit kepala, akan butuh waktu yang cukup lama menghilangkannya. Kira-kira sampai 4-8 minggu. Kamu juga dapat mencegah timbulnya kembali jerawat, bisa dengan menggunakan shampo lembut. Dan ini juga beberapa tips mencegahnya,

  • Gunakan Produk Sampo Setiap Hari

Bagi sebagian orang, kegiatan menyampo rambut mungkin lebih baik dilakukan 2 hari sekali dan kegiatan tersebut benar adanya dan tidak salah. Namun, ketika kamu mendapati jerawat pada kepala, maka ada baiknya jika kamu menggunakan sampo setiap hari sehingga kulit kepala maupun folikel rambut kamu akan terhindar dari minyak berlebih yang berpotensi menyumbat folikel rambut dan akhirnya, timbullah jerawat di kulit kepala kamu.

  • Cuci Rambut Setelah Menggunakan Penutup Kepala

Cara lainnya yang juga dapat kamu lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit kepala adalah dengan segera mencuci rambut setelah menggunakan penutup kepala, entah itu topi ataupun helm. Biasanya, ketika kamu menggunakan topi atau helm, kulit kepala tidak dapat bernafas dan mengeluarkan minyak berlebih.

Selain itu, ketika minyak pada folikel ini tercampur dengan biang keringat maka akan terbentuk jerawat membandel di kulit kepala akibat adanya jamur. Oleh karena itu, sesaat setelah kamu menggunakan topi atau helm, segera cuci rambut kamu.

  • Sisir Rambut Setiap Hari

Tips selanjutnya yang juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat di kulit kepala kamu adalah dengan selalu menyisir rambut setiap hari. Hal ini karena menyisir rambut dapat mengelupaskan sel kulit mati dan melepaskan helai rambut yang menyatu dengan minyak di kulit kepala. Hal ini tentunya akan mencegah penyumbatan pori-pori di kulit kepala yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat membandel.

Tips lain:

  1. Hindari membilas rambut dengan air panas.
  2. Kurangi pewarnaan atau penggunaan zat kimia di rambut.
  3. Cuci rambut segera setelah olahraga.
  4. Ganti sarung bantal rutin.
  5. Batasi makanan tinggi karbohidrat.

Demikianlah uraian di atas mengenai jerawat kepala yang dapat kamu pahami. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kamu. Sekian dulu pembahasan kita dan sampai jumpa di artikel berikutnya…

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In umum
Comments are closed.

Check Also

Dianggap Sebagai Tindakan Pembunuhan, Berikut Pro dan Kontra “Suntik Mati” di Beberapa Negara

Kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi terutama pada bidang kedokteran telah membaw…